July 3, 2015

Selamat Datang Calon Siswa Angkatan 26

Sebelumnya, mohon maaf karena 3 bulan ini belum ada update di website ini. Dimulai dari saat persiapan OSP, kami fokus ke persiapan (meskipun belum diloloskan ke OSN tahun ini) sehingga melupakan update lalu disusul dengan ulangan di sekolah. Dan saat libur akhir tahun ini baru teringat. Diusahakan ke depannya website ini akan diperbaharui lebih sering. Terima Kasih.

Selamat datang adik siswa Angkatan 26 di Kampus SMA Taruna Nusantara, kampus yang akan mendidik kalian tiga tahun ke depan, baik akademik, fisik, mental, kepribadian, dan segalanya hingga kalian siap menjalani kehidupan nanti. Kami dari tim Astronomi, khususnya Angkatan 24, mengucapkan selamat bergabung di dalam almamater ini.




Angkatan kalian adalah salah satu yang unik, karena langsung dihadapkan dengan libur, dan disambung dengan kegiatan besar International Olympiad on Astronomy and Astrophysics (IOAA) 2015 yang dimulai tanggal 26 Juli 2015 selama dua minggu. Agenda besar terutama untuk tim Astronomi, yang saat ini jumlah anggotanya tinggal lima orang untuk dua angkatan (entah apakah masih akan dikurangi, tergantung pembina). Lalu akan ada upacara 17 Agustus, dan lomba-lomba. Dan akan ada kegiatan Pandatara dan MSI di bulan November nanti. Kami semua berharap kalian semua siap dengan kegiatan yang padat ini.

Akhir kata, selamat berjuang, awalnya memang berat menjalani kehidupan baru. Berat karena belum terbiasa, lama-lama juga biasa. Awal-awal memang belum terasa enaknya, tetapi nanti terasa kenangannya terutama menjelang kelulusan ataupun tahun terakhir. Kejar prestasi setinggi mungkin, tidak ada kata nanti, kecuali menyesal nanti. Jangan sampai itu terjadi, dan perjuangkan cita-cita kalian sejak awal mula kalian menjalani pendidikan di kampus ini. Terima Kasih

Astro XXIV
Orang Terakhir

Tambahan bagi yang berminat masuk tim Astronomi, dimohon untuk belajar yang serius terutama
  • Matematika (Trigonometri, kalkulus dasar, operasi aritmatika, bangun datar, bangun ruang, sudut, aljabar)
  • Fisika (Dinamika, kinematika, gerak lurus (beraturan & berubah), gerak melingkar (beraturan & berubah), optik, menggambar grafik (v-t, a-t, s-t, dll)
  • Astronomi dasar (Pengetahuan umum, tata surya, gerak semu, orbit, bintang, rasi zodiak, fakta-fakta, gerak bola langit, menghubungkan fisika, matematika dengan astronomi)
 Masih ada kesempatan saat akan libur lebaran untuk mengumpulkan bahan untuk belajar. Tidak usah membeli buku baru untuk buku pelajaran, bisa menggunakan buku paket kls X (terutuama fisika, usahakan pelajari untuk materi kls X bagian Mekanika (semua yg berhubungan dengan gerak benda, fluida, kalor, pemuaian, dll tidak termsuk) dan Optika, lihat kisi-kisi di atas, dan juga perpustakaan SMA TN. Saran jangan dan jangan pernah menghafal rumus, tidak akan bisa. Pahami dari konsep, kenapa hal itu bisa terjadi.

Jika saat libur lebaran ingin bertanya, feel free, tanya aja ke abang/kakaknya, masuk forum astronomi, banyak baca. Take it fun. Tidak suka ya jangan daftar, malah berat ke depannya. Kami juga akan memberi satu soal latihan, terserah dikerjakan kapan, buat referensi dan bayangan tes nanti (masih lama, sekitar bulan September-Oktober tesnya, jika tidak ada perubahan), materi tambahan, dan juga mungkin kisi-kisi akan diupdate. Info lebih lanjut tanggal 11 Juli setelah pembukaan di pameran, di situ tanya sebanyak mungkin daripada bingung. So stay tune :)





No comments:

Post a Comment